Thursday, October 28, 2010

Cara Pintar Menangkal Virus Penyakit


Virus, penyebab penyakit ada di mana saja, di udara terbuka maupun tertutup. Virus dapat menempel pada benda-benda di sekitar. Virus mudah sekali masuk ke dalam tubuh manusia.

Itulah sebabnya penyakit yang disebabkan oleh virus digolongkan sebagai penyakit menular.

Cara atau medical check up untuk menangkal virus adalah membentuk `perisai tubuh` yang tangguh, antara lain :

1. Mengkonsumsi gizi lengkap dan seimbang

Pentingkan gizi daripada sekedar rasa kenyang. Ciptakan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi secara lengkap dan seimbang (cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral) dari berbagai variasi makanan.

2. Banyak mengkonsumsi cairan

Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, agar racun dapat luruh di dalam tubuh. Normalnya, tubuh memerlukan kurang lebih 2 liter air. Bagaimana cara mengetahui apakah kita kurang minum atau tidak ? Perhatikanlah warna air seni.

Jika warnanya bening kekuningan, artinya tubuh Anda cukup cairan. Jika air seni berwarna agak keruh, Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak cairan dari biasanya.

3. Berolahraga secara teratur

Jika dilakukan secara teratur makan dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Dengan demikian, tubuh pun memperoleh asupan oksigen secara optimal dan daya tahan tubuh pun meningkat.

4. Jaga kebersihan tubuh


Mandi dan sering mencuci tangan, mengeringkannya dengan saputangan atau tissue bersih.

5. Menjauhi penderita

Berusahalah agar tidak berdekatan dengan penderita. Karena saat Anda bicara dengan penderita, virus-virus yang berasal dari ludah penderita akan beterbangan di udara, lalu terhirup.

6. Hindari ketegangan dan kecemasan

Buatlah sesering mungkin agar tubuh merasa santai. Tubuh yang santai membuat interleukin (salah satu senyawa dalam sistem pertahanan tubuh) meningkat dalam sel darah.

Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

No comments:

Post a Comment